Featured Post
Jual Foto di Internet Dapat Uang dengan 13 Aplikasi ini
Jual Foto di Internet Dapat Uang Azxstore.my.id - Hobi fotografi adalah salah satu kegiatan yang sangat memuaskan. Memotret momen-momen ind...
Kamis, 29 September 2022
Selasa, 27 September 2022
BISNIS
BISNIS |
Bisnis atau niaga adalah kegiatan memperjual belikan barang atau jasa dengan tujuan memperoleh laba/keuntungan.
Kata atau kalimat bisnis dari bahasa Inggris dengan kalimat business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Fungsi Bisnis
Fungsi bisnis di bagi menjadi 4, yaitu :
- Form utility, Bisnis yang dilihat dari produksi yang bertujuan untuk kebutuhan masyarakat, Contoh : Perusahaan tekstil menghasilkan bahan kain untuk di buatkan pakaian.
- Place utility. Bisnis untuk menyalurakan barang atau jasa yang di produksi ke lokasi konsumen yang membutuhkan barang atau jasa, contoh bisnis furniture menyalurkan bangku ke sekolah sekolah pedesaan
- Time utility. Bisnis ini tidak langsung di pasarkan ke konsumen, ada pertimbangan yang harus di perhitungkan dalam segi waktu dan musim, contoh : Jual kurma di saat bulan puasa.
- Possesive utility. Bisnis ini berfungsi sebagai penjualan dengan mengubah kepemilikan
Macam-macam bisnis
Macam-macam Bisnis ini sangat banyak, dilihat dari sektor ekonomi terdapat macam-macam jenis bisnis yang bisa dikelompokan menjadi :
- Bisnis Pertanian
- Bisnis Produksi Bahan Mentah
- Bisnis Manufaktur
- Bisnis Konstruksi
- Bisnis Transportasi
- Bisnis Komunikasi
- Bisnis Perdagangan Besar/Kecil
- Bisnis Finansial
- Bisnis Jasa
- Bisnis Freelance
Bisnis apa sih yang cocok
Ada begitu banyak macam dan jenis bisnis, tergantung usia,hobi dan kemampuan kita sendiri, namun Mimin hanya memberikan rekomendasi buat kalian, menurut Mimin sih ada 6, ini khusus buat yang budget nya di bawah rata-rata yaitu :
1. Fashion
Bisnis fashion adalah bisnis yang bergerak di bidang busana, baik yang dikenakan pada tubuh maupun yang memperindah penampilan.
Di jaman yang serba stylish ini, banyak motif fashion yang menarik dan elegant dari produk lokal sampai internasional semua pasti membutuhkan fashion untuk di pakai sehari hari dan formal. Bisnis fashion akan selalu memberikan keuntungan karena akan tetap menjadi kebutuhan semua orang.
Harga yang di tawarkan juga sangat menarik dari harga murah sampai yang mahal kini sudah tersedia di toko online ataupun ofline.
Peluang bisnis di bidang fashion pun sangat besar, tergantung kita mengelola nya rata rata keuntungan yang kita dapat bisa mencapai 50% dari modal, misalkan produk yang kita jual dari suplier Rp 20.000 kita jual dengan harga Rp 40.000, gimana untung gak?
2. Sembako
"Sembako kan untung nya Kecil?"
"Betul
Per pcs keuntungan yang di dapat rata rata paling besar Rp 2000.
Sekarang kalian lihat kebutuhan sembako ini di butuhkan oleh semua kalangan untuk sehari-hari, perputaran penjualan pun sangat cepat jumlah pembelian sangat banyak.
apa masih di bilang kecil....????
3. Kuliner
kuliner tidak hanya berlaku untuk orang-orang yang memiliki hobi memasak, orang yang tidak bisa memasak, namun mencintai dan tekun menjalankan bisnis kuliner juga bisa memulai bisnis ini.
Dengan banyak nya karyawan pabrik, toko,dll yang membutuhkan banyak permintaan saat ini, peluang bisnis ini lumayan kecil juga modal nya, perputaran pun sangat cepat,
4. Pendidikan
Pendidikan merupakan hal yang wajib bagi setiap orang. Meningkatnya kesadaran akan pentingnya pendidikan dari masa ke masa, telah membuka banyak peluang bisnis yang sangat besar.
Berbagai produk serta layanan bisnis di sektor pendidikan terus mengalami peningkatan. Apalagi di era digital seperti saat ini bisnis bisa dilakukan secara online, cukup bermodalkan jaringan internet.
Nah, tentunya bisnis online bisa dilakukan dengan nyaman dan bisa dikelola dari mana saja. Terutama jika Anda menggunakan koneksi jaringan internet pasti akan jauh lebih mudah. kan?
5. Otomotif
Otomotif banyak dijadikan hobi. Bisnis di bidang otomotif bisa menghasilkan keuntungan yang cukup menjanjikan.
Selain itu, peminat otomotif juga semakin banyak jumlahnya. Hal tersebut selaras dengan meningkatkan transaksi masyarakat untuk kendaraan motor dan mobil.
Aksesori otomotif pun banyak dicari, Jadi kalau dijalani dengan tekun, bisnis otomotif dapat mendatangkan banyak keuntungan yang sangat besar
kamu bisa memanfaatkan peluang usaha atau bisnis tersebut, Contoh, jual beli spare part, tambal ban,dll.
6.Internet/ jual voucher wifi
WiFi adalah teknologi komunikasi melalui sinyal radio jarak pendek (kurang dari 150m) untuk HP, laptop, tablet dan sejenisnya tanpa menggunakan kabel .
Yang butuhkan oleh semua kalangan muda, remaja, pelajar atau non pelajar, apakah kalian terkadang memakai paketa internet itu terbatas karna paket ukuran pemakaian .
ide membuat usaha WiFi rumahkan untuk area sekitar kita sangatlah bagus,
Ada beberapa cara untuk mendapatkan internet unlimited tanpa kuota yang bisa untuk membuat bisnis WiFi voucher.
- Langganan Internet Kabel
- Langganan Internet wireless
- Langganan internet satelit
Dari langganan di atas kalian tinggal pilih sesuai kebutuhan.
untuk moda minimal Rp 2 juta kalian sudah bisa memulai usaha tersebut dan ke untungan nya pun lumayan menjanjikan.
kesimpulan
Dari ke 6 pilihan macam macam bisnis di atas, apa ada yang cocok?? pertimbangkan kemampuan kalian sesuai budget yang kalian punya, semoga berhasil
Selasa, 23 Agustus 2022
Cara Mem-Boosting Engagement dari Media Sosial
Engagement sosial media bisa diartikan secara singkat sebagai tolak ukur interaksi yang terjadi dalam media sosial. Interaksi ini bisa dalam bentuk like, komentar, share, subscriptions, views dan lainnya. Ini kemudian dikolerasikan dengan jumlah orang yang membentuk hubungan dengan brand ataupun perusahaan terkait.
Hal ini membuat engagement sosial media untuk sebuah brand sangat penting. Karena engagement menunjukkan sosial presence, meningkatkan followers, membina hubungan baik dengan para pengguna media sosial merupakan sebuah investasi penting untuk bisnis.
Setelah mengetahui betapa kuatnya pengaruh engagement ini dalam sebuah media sosial, sebagai PR kita juga mengetahui betul peran engagement ini. Maka dari itu kita perlu melakukan hal-hal yang bisa meningkatkan engagement rate dari media sosial.
Lalu kira-kira apa saja yang bisa kita lakukan untuk mem-boosting engagement media soisal media kita? Berikut beberapa hal yang bisa membantu kita dalam meningkatkan rate engegement kita.
1. Fokus untuk membuat konten yang menarik
Media sosial mempunyai fungsi untuk berbagi berbagai konten. Pastikan kita bisa memberikan konten yang menarik untuk audiens kita, seperti fakta menarik, cerita atau pengalaman, atau berbagai informasi yang penting. Yang perlu kita ingat disini adalah membuat konten yang menarik dan juga sesuai dengan audiens kita. Juga jangan lupakan untuk tetap menekankan poin relevan untuk brand kita.
Berikut contoh nya : link
2. Buatlah konten yang visual
Seperti pepatah yang sering kita dengar: ‘A picture is worth a thousand words’, dengan gambar atau bantuan visual lainnya, bisa menyampaikan sebuah pesan makna atau esensinya lebih efektif. Dengan menambahakn gambar, animasi, ataupun video memberikan nilai tambah dalam konten sosial media dan konten marketing secara keseluruhan. Hal ini membuat konten terlihat lebih menarik dan meningkatkan minat audiens.
3. Buatlah shareable content
Setelah memfokuskan perhatian kita dalam membuat konten yang menarik, usaha kita tidaklah berhenti disitu. Setelah audiens tertarik dengan konten yang kita buat, kita juga bisa membuat konten yang shareable atau mudah untuk dibagikan. Konten yang menarik dan mudah dibagikan merupakan bagian dari keberhasilan dari konten dan sosial media strategi. Karena ini secara otomatis meningkatkan nama brand secara keseluruhan.
4. Buatlah interaksi dengan audiens
Buatlah konten-konten yang bisa membuat interaksi atau conversations baik dengan kita sebagai brand maupun dengan sesama audiens. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menggunakan gaya bahasa yang simpel dan mudah dipahami. Dalam pembuatan konten ini tentu haruslah dilengkapi dengan data yang akurat yang merupakan hasil research. Gunakan juga bahasa yang bisa menarik audiens kita untuk memberikan respon.
5. Tulislah dengan caption panjang
Caption yang dibuat dengan baik dengan pesan yang jelas dan mungkin CTA (call to action) dapat memberikan dampak yang signifikan. Keterangan memungkinkan Anda untuk mengambil pesan visual dari foto beberapa langkah lebih jauh.
6. Buat kontes dan giveaway
Memberikan timbal balik untuk para audiens kita untuk membagikan kembali konten, atau retweet dengan hashtag tertentu adalah cara yang baik untuk menghargai dan memberikan pengakuan bagi audiens kita. Pada umumnya, orang akan lebih senang untuk terlibat dengan sebuah brand jika itu berarti mereka akan mendapatkan sesuatu dari brand tersebut. Selain itu ini merupakan effort yang baik untuk menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan brand awareness.
Minggu, 31 Juli 2022
6 Cara menjadi Dropshiper
6 Cara menjadi dropshiper
Apa itu dropship..???
Dropshiper adalah bisnis yang diminati oleh banyak orang. Bagaimana tidak, bisnis dropship memberi kamu kesempatan untuk memulai bisnis tanpa mengeluarkan modal yang besar. Modal yang dibutuhkan kecil banget dibandingkan bisnis lainnya. Tapi tetap cuan.
Hebatnya lagi, kamu tidak perlu membeli stok barang yang akan dijual, tidak perlu ribet/pusing menyimpan stok barang, dan tidak perlu mengurus pengemasan serta pengiriman pesanan ke konsumen.
“Lho, itu jualan barang dari mana? Kok ga ada barangnya?“
"Karena untuk pengemasan produk dan pengiriman di kerjakan oleh pihak suplier.
Gimana? Tidak ribetkan?
Kamu hanya perlu memesan kepada suplier barang apa yang akan kamu jual,
Apa itu Dropshiper
Dropshiper membangun toko online dan memajang produk yang dijual.
Pembeli tertarik untuk membeli barang tersebut dan melakukan pembayaran ke Dropshipper (misalnya Rp 65.000).
Dropshipper meneruskan pesanan pembeli ke supplier beserta informasi alamat konsumen dan melakukan pembayaran (Rp 50.000).
Supplier mengirimkan pesanan ke alamat pembeli atas nama Dropshippernya.
Jadi alasan kenapa Dropshipper tidak perlu membeli produk yang akan dijual, karena ia memang bertugas sebagai penghubung. Oleh karena itu bisnis ini juga banyak diminati oleh banyak orang, dan sangat di anjurkan untuk seorang yang ingin usaha tetapi tidak mempunyai modal besar, rekomended juga buat sampingan.
keuntungan menjadi dropshipper
Setelah membaca penjelasan di atas, bisnis ini cuan dan oke buat dicoba, kan?
Berikut adalah 6 cara menjadi Dropshipper. Yuk, simak!
1. Tentukan jenis produk yang mau dijual
Pertama, yang harus kamu pikirkan adalah produk apa yang mau kamu jual? Untuk menentukan ini, kamu bisa melakukan riset kecil-kecilan dengan mencari tahu:
Produk apa yang banyak dibutuhkan orang atau yang sedang nge-trend/viral (cek googling barang apa yg sedang di minati oleh banyak konsumen)
Lakukan riset keyword terkait niche jualan untuk mengetahui produk apa yang banyak dicari di niche tersebut.
Cari tahu apakah produk yang kamu jual bisa mendatangkan keuntungan yang sesuai atau tidak.
Temukan produk dengan ongkos kirim yang rendah. Memang bukan urusan kamu, tapi produk dengan ongkos kirim yang mahal bisa bikin konsumen berpikir untuk membelinya.
2. Analisis kompetitor
3. Pilih supplier yang tepat dan terpercaya
Salah satu faktor penting dalam menjalankan bisnis dropship adalah memilih supplier yang tepat dan terpercaya. Beberapa hal yang bisa kamu cek dari supplier adalah:
- Sudah berapa supplier tersebut lama beroperasi
- Harga barang, sistem pembayaran, sistem refund, pengiriman
- Berapa banyak produk yang berhasil terjual
- Berapa banyak pengikutnya
- Perhatikan review konsumen
- Bandingkan foto produk di toko dengan yang diterima konsumen
Sekarang juga sudah banyak perusahaan atau bisnis yang menjembatani para Dropshipper dan supplier. Jadi di dalam sebuah website, kamu bisa mendaftar sebagai Dropshipper dan memilih supplier yang sudah bekerja sama dengan bisnis tersebut. Biasanya mereka juga menyediakan website, aplikasi, atau toko online gratis yang bisa kamu gunakan.
4. Buat toko online kamu sendiri
Setelah tahu mau jualan apa dan mendapatkan supplier, selanjutnya adalah membangun toko online kamu. Toko ini nantinya akan berisi foto-foto produk yang kamu jual. Sama seperti toko penjual pada umumnya.Kamu bisa membuat website jualan yang mudah dinavigasi oleh konsumen. Jangan lupa untuk menambahkan produk beserta deskripsi lengkapnya seperti ukuran, harga, bahan, warna, dan lainnya. Kalau kamu tidak bisa membangun website sendiri, kamu bisa menggunakan jasa orang lain untuk membuatkan website yang sesuai kebutuhan untuk jualan kamu.
5. Atur sistem pembayaran
6. Promosikan produk jualan kamu
Setelah semuanya siap, maka langkah selanjutnya adalah mempromosikan produk jualan kamu agar bisa mendapatkan pembeli. Kamu bisa mempromosikan produk melalui berbagai platform yang relevan dengan target audiens kamu. Bisa lewat Instagram, TikTok, Facebook, Twitter, dan media sosial atau pun bisa lewat jasa periklanan. Kamu juga bisa memasang iklan di berbagai media sosial, dengan harga terangkau
Gimana, siap hasilkan cuan dengan jadi Dropshipper? Bisnis ini memang tidak memerlukan modal besar, Kamu hanya perlu konsisten untuk memasarkan produk agar bisa laku terjual. Makin banyak produk yang terjual, maka makin banyak cuan yang berhasil kamu dapatkan.
Kamu bisa belajar tentang segala hal yang berbau pemasaran, konten pemasaran, media sosial, bisnis, atau tentang cara jualan di Skill Academy. Semua kelas yang kamu butuhkan untuk jago jualan, ada! Video belajarnya mudah dimengerti, instrukturnya kompeten dan punya pengalaman bertahun-tahun di bidangnya.
Demikian yang bisa kami sampaikan, Semoga berhasil ya temen temen.
Ingat "Usaha tidak akanenghianati hasil"
Selagi kamu yakin akan apa yang kamu kerjakan, akan ada nilai yang akan kamu banggakan nanti